Cara Clone Windows / Clone Disk Menggunakan AOMEI Backupper

Assalamualaikum teman2 apa kabar semuanya...? Sorry ya, udah lama gak nongol di blog ini, dikarenakan kesibukan yang tidak ada henti2nya hehe...

Kali ini saya ingin berbagi sama temen2 tentang Clone Disk atau Clone Windows maupun OS lainnya, tapi sebelumnya saya ingin menceritakan tentang kerusakan pada hardisk saya kemarin. Komputer yang saya pakai sehari-hari ternyata sering hang, selang beberapa menit hang, lama-lama jadi bosen dan gak mod main komputer lagi. Ternyata hardisk nya sudah mulai bunyi, kalau bunyinya berhenti pasti komputernya jadi hang...(Waaaah gawat gak bisa main komputer lagi.. data-data abis ilang dah...**dalam pikiran**). Akhirnya beli hardisk baru lagi deeeehhh,,, hardisk yang saya beli 1 TB, sebelumnya cuma 250 GB.


Coba browsing sana sini dan akhirnya ketemu dengan website ini: http://www.backup-utility.com/download.html dan langsung sedot dari websitenya, setelah itu saya coba install di komputer yang masih bagus. Setelah saya install, hardisk yang rusak saya cabut dulu lalu saya pasang di komputer yang msaih bagus, kemudian saya coba cloning dengan software yang udah diinstall tadi, nama softwarenya AOMEI Backupper.

Udah tau kan cara installnya bagaimana..? ya seperti biasalah, seperti install software2 lainnya...

Langkah-langkah nya seperti ini:
Install dulu file yang udah didownload tadi, lihat gambar di bawah ini:

AOMEI Backupper
Installer Backupper














Sambil nunggu installnya selesai, jangan lupa ngopi dulu ya... biar mata melek....hihihi....
Setelah install selesai, coba buka programnya di desktop biasanya ada shortcutnya, setelah dibuka tampilannya seprti gambar di bawah ini:

AOMEI Backupper
Tampilan awal AOMEI Backupper
















Untuk memulai proses clone pilih / klik dulu tombol Clone seperti di bawah ini:

AOMEI Backupper
Clone Disk
















Setelah itu pilih "Disk Clone" seperti yang terlihat pada gambar di atas, kemudian pilih "Source Disk" atau disk yang akan dicloning

AOMEI Backupper
Source Disk yang akan di Clone














Pilih "Next" dan kemudian pilih hardisk baru atau hardisk tujuan untuk mengcopy atau tujuan untuk mengcloning hardisk lama. Setelah itu tunggu deh windows lama atau isi hardisk lama akan di copy ke hardisk yang baru. Sambil nunggu coba deh bakar rokok 1 batang sambil nyeruput kopi... alhamdulillah nikmatnya...


Setelah di Cloning, isi nya sama persis tidak ada beda, langsung bisa dipake dikomputer semula dengan hardisk yang berbeda. Kalau udah selesai cloningnya coba deh pasang hardisk yang udah dicloning tadi ke komputernya.. insaallah jalan normal seperti biasa...

Hardisk yang saya pake dulunya 250GB, saya ganti dengan 1TB. Alhamdulillah semua data2 saya yang lama masih ada, dan tidak perlu install ulang lagi.

Selamat mencoba ya temen2... mudah2an semuanya lancar2... amiiiin....

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Cara Clone Windows / Clone Disk Menggunakan AOMEI Backupper"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top